Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Wapres Ungkap Strategi Untuk Kuasai Pasar Halal Dunia

Peluang.co.id -  Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menjelaskan terdapat empat langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mendorong produk In...


Peluang.co.idWakil Presiden RI Ma’ruf Amin menjelaskan terdapat empat langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mendorong produk Indonesia agar dapat menguasai pasar halal dunia. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengembangkan riset halal dan meningkatkan substitusi impor.


“Yang kedua, dengan mambangun kawasan-kawasan halal yang terintegrasi dengan fasilitas logistik halal. Ketiga, dengan membangun sistem informasi halal termasuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal,” jelasnya dilansir dari Sekretariat Kabinet, Jumat (4/6).


Dan yang terakhir, dengan meningkatkan kontribusi produsen-produsen produk halal, baik skala mikro, menengah, dan besar untuk ekspor produk halal ke seluruh dunia (Global Halal Value Chain).


Indonesia memiliki potensi pasar besar bagi produk muslim. Kita tentu sangat ingin Indonesia juga menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia,” ujarnya.


Wapres mengungkapkan, berdasarkan data OIC Economic Outlook 2020, di antara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI, Indonesia masih menjadi eksportir terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen.


Wapres berharap agar potensi Indonesia sebagai pasar produk muslim harus dimanfaatkan seiring dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri khususnya ke negara-negara OKI.


“Indonesia harus lebih gigih berusaha menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI,” tegasnya. ( Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )

 


Reponsive Ads