Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Wamendag Dorong Percepatan Sistem Resi Gudang

Peluang.co.id -  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan pihaknya terus mendorong percepatan implementasi sistem resi gudang...


Peluang.co.idWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan pihaknya terus mendorong percepatan implementasi sistem resi gudang (SRG) di Indonesia. Hal ini diyakini karena kehadiran SRG dapat meningkatkan kesejahteraan petani.


“Pembangunan gudang SRG merupakan bukti komitmen pemerintah yang hadir di tengah petani. Diharapkan SRG dapat menjadi sebuah instrumen yang memberikan manfaat berupa sarana pembiayaan serta sarana tunda jual untuk kelancaran perdagangan komoditas," kata Wamendag Jerry dilansir dari Kemendag, Kamis (10/6).


Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Widiastuti menyampaikan, SRG merupakan manajemen stok dan tunda jual, sekaligus sarana pembiayaan.


“Pemerintah telah membangun 23 gudang SRG di 17 kabupaten di wilayah Jawa Timur. Tujuannya untuk memicu berkembangnya implementasi SRG di provinsi ini. Hal ini merupakan tugas bersama untuk membuat sistem ini berjalan dan memberikan manfaatnya untuk warga yang memerlukannya,” jelas Widiastuti.


SRG, lanjutnya, selama ini sangat berhubungan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan. Untuk itu, Kemendag terus melakukan pendekatan kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor perbankan agar SRG bisa optimal beroperasi dalam mendukung kestabilan harga dan ketersediaan barang.


“Untuk itu, diharapkan para pemangku kepentingan mulai pemda/pemkab/pemkot, asosiasi, dan pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan SRG, dan menyosialisasikannya kepada masyarakat terkait adanya resi gudang tersebut,” ujarnya. ( Foto : Indonesia Satu / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads