Mobile Menu

navigasi

More News

Menaker Ida Minta BLK Komunitas Kerjasama dengan Dunia Industri

11:30 PM


Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memintakepada para pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas agar bekerjasama dengan dunia industri sesuai potensi daerah masing-masing. 


Hal tersebut bertujuan agar lulusan BLK memiliki keterampilan yang memadai dan lebih mudah terserap pasar kerja.


"Kita dorong BLK Komunitas untuk bergandengan tangan dengan dunia usaha, dunia industri untuk mempercepat pengurangan angka pengangguran dan memperluas  kesempatan kerja bagi para lulusannya," jelas Ida dilansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, Senin (7/6).


Menurutnya, dengan bersinergi lulusan pelatihan dipastikan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri dan lebih mudah terserap industri. 


Sehingga program pelatihan vokasi dapat mengurangi biaya pelatihan/training dan investasi SDM bagi industri, maka tercipta simbiosis mutualisme antara BLK dan industri.


Bentuk sinergi dan kolaborasi yang dapat dilakukan dapat berupa informasi pasar kerja, pengembangan kurikulum dan pengajaran, pengembangan standar kompetensi kerja dan kualifikasi nasional (SKKNI), 


Kemudian sertifikasi kompetensi, On the Job Training (OJT), peningkatan keterampilan wirausaha, pengembangan training center di industri dan bahkan menjadi co-manage lembaga pelatihan. ( Foto : Kementerian Ketenagakerjaan / Penulis : Fitri )




Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment