Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ekspor Korea Selatan Melonjak 39,7 % Pada Juni 2021

Peluang.co.id -  Ekspor Korea Selatan menunjukkan pertumbuhan dua digit pada Juni. Menandai empat bulan berturut-turut pertumbuhan dengan ...



Peluang.co.idEkspor Korea Selatan menunjukkan pertumbuhan dua digit pada Juni. Menandai empat bulan berturut-turut pertumbuhan dengan angka dua digit tersebut.


Hal ini didorong oleh pemulihan ekonomi yang solid di pasar utama global dan permintaan yang terus naik untuk chip memori dan mobil.


Mengutip dari Reuters pada Kamis (1/7), ekspor melonjak 39,7 persen pada Juni dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, mencapai nilai terbesar ketiga yang tercatat pada USD 54,80 miliar. 


Ekspor tumbuh 45,6 persen di bulan Mei, peningkatan paling signifikan sejak Agustus 1988.


Penjualan semikonduktor di luar negeri tumbuh selama 12 bulan berturut-turut, sebesar 34,4 persen, sedangkan mobil dan produk petrokimia masing-masing melonjak 62,5 persen dan 68,5 persen.


Berdasarkan tujuan, ekspor ke China, Amerika Serikat dan Uni Eropa masing-masing melonjak 14,3 persen dan 51,9 persen dan 65,3 persen, diikuti dengan keenam mitra dagang utama Korea Selatan lainnya juga meningkat.


Data hari Kamis juga menunjukkan impor tumbuh 40,7 persen di bulan Juni, mengalahkan perkiraan untuk lonjakan 33,0 persen. Surplus perdagangan mencapai USD 4,44 miliar, dibandingkan USD 2,94 miliar sebulan sebelumnya.


Awal pekan ini, kementerian keuangan Korea Selatan secara tajam meningkatkan perkiraan pertumbuhan 2021 ke level tertinggi dalam 11 tahun yaitu sebesar 4,2 persen, dengan lonjakan ekspor 18,5 persen yang menarik ekspansi. ( Foto : Reuters / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads