Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pemerintah Dorong Transformasi Ekonomi Digital Pada Masa Pandemi

Peluang.co.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Wid...


Peluang.co.idMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo situasi pandemi ini dapat dijadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital.


“Target Indonesia di 2045 salah satunya adalah lolos dari middle income trap. Dengan rata-rata PDB harus di atas USD 10 ribu bisa dibilang lolos middle income trap,” jelas Airlangga dilansir pada Selasa (25/5).


Menko Airlangga menambahkan agar bisa lolos dari jebakan pendapatan kelas menengah dibutuhkannya dorongan pertumbuhan ekonomi secara spasial. Selain itu juga dapat dilakukan inklusi finansial dan sistem pembayaran digital.


“Keberhasilan inklusi keuangan itu perlu komunitas, termasuk perusahaan teknologi (finansial), dan ini perlu didorong (dari sisi komunitas),” terangnya.


Komunitas digital berisi talenta-talenta digital yang menjadi faktor penentu dalam pelaksanaan transformasi digital. Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan atau 600 ribu orang per tahun.


Presiden Joko Widodo juga telah meluncurkan Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” sebagai upaya pengembangan kompetensi SDM digital.


Gerakan tersebut diharapkan bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja konkret di tengah masyarakat agar mereka dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif. ( Sumber & Foto : Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads