Mobile Menu

navigasi

More News

Jenis-Jenis Usaha Ekstraktif

1:11 AM


Peluang.co.id - Usaha ekstraktif merupakan usaha yang bergerak pada bidang alam. Kegiatan usaha ini yaitu seperti mencari sumber daya alam dengan cara menggali, mengambil, serta mengelola hasil tersebut untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Usaha ekstraktif ini juga mencari keuntungan dari hasil alam seperti hasil tambang, hasil pertanian, hasil kehutanan, dan lain sebagainya. Dilansir dari sharingconten.com pada Senin (3/5), berikut ini jenis-jenis usaha ekstraktif :

1. Usaha Ekstraktif

Badan usaha ekstraktif merupakan badan usaha yang bergerak dalam usaha pengelohan bahan baku yang berasal dari alam. Hasil olahan tersebut nantinya dapat memenuhi kebutuhan manusia. Contoh dari usaha ekstraktif yaitu pertambangan, perminyakan, perikanan laut, perhutanan, dan usaha petani garam.

2. Usaha Agraris

Jenis usaha yang satu ini merupakan usaha yang kegiatannya memanfaatkan hasil alam seperti pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan lain sebagainya. 

3. Usaha Industri

Usaha yang satu ini adalah jenis usaha yang memiliki kegiatan menciptakan barang produksi. Nantinya akan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh dari hasil produksi bisa berupa makanan, minuman, pakaian dan masih banyak lagi. Untuk industri sendiri terdapat industri elektronik, industri farmasi, industri tekstil, industri bahan kimia dan lain sebagainya.

4. Usaha Perdagangan 

Usaha ini adalah jenis usaha yang kegiatannya untuk melakukan transaksi jual beli produk. Tujuannya adalah agar mendapat keuntungan darihasil transaksi tersebut. Seperti pasartradisional, toko swalayan, minimarket, dan lainnya.

5. Usaha Jasa

Usaha jasa merupakan jenis usaha yang bergerak dalam bidang jasa atau menawarkan pelayanan terhadap konsumen. Adapun contoh usaha jasa yakni usaha jasa transportasi, usaha jasa simpan pinjam, usaha jasa penitipan, usaha jasa sebagai penyedia telekomunikasi. ( Sumber Foto : Media Indonesia / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment