Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Menteri Airlangga Ungkap Ekspor Maret 2021 Capai US$ 18,35 M

Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa ekspor Indonesia pada Maret 2021 menembus an...


Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa ekspor Indonesia pada Maret 2021 menembus angka 18,35 miliar dolar. Angka ini menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Secara khusus, kinerja ekspor pada Maret 2021 mencapai 18,35 miliar dolar. Ini merupakan yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir," ungkap Airlangga dalam keterangan resminya dikutip pada Selasa (20/4).

Airlangga juga menambahkan bahwa angka tersebut hampir melampai posisi tertinggi sejak Agustus 2011. Pada bulan tersebut nilai ekspor mencapai 18,64 miliar dolar.

"Bahkan,hampir melampaui posisi tertinggi sejak Agustus 2011. yang saat itu nilai ekspornya sebesar 18,64 miliar dolar," imbuh Airlangga dalam acara Memacu Ekspor UMKM pada Senin, 19 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga menuturkan pada tahun 2020 neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus tertinggi sejak 2012 yaitu sebesar 21,74 miliar dolar. Ini berlanjut juga pada Januari sampai Maret 2021 sehingga neraca dagang mengalami surplus 5,52 miliar dolar.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah juga akan terus mendukung para pelaku UMKM untuk melakukan ekspor.

"Pemerintah akan terus memberikan dukungan kebijakan bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor. Diharapkan berbagai kebijakan yang telah dibuat pemerintah dapat mengakselerasi pencetakan ekportir baru di Indonesia secara maksimal," pungkas Airlangga. ( Sumber : Kemenko Perekonomian / Sumber Foto : Kemenko Perekonomian / Penulis : Fitri )

Reponsive Ads