Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Cadangan Devisa Indonesia Menurun Pada Maret 2021

Peluang.co.id - Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2021 menurun menjadi 137,1 miliar dolar AS. Nomin...


Peluang.co.id - Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2021 menurun menjadi 137,1 miliar dolar AS. Nominal ini menurun apabila dibandingkan dengan bulan Februari 2021 sebesar 138,8 miliar dolar AS. 

Dilansir dari Bank Indonesia, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,1 bulan impor atau 9,7 bulan impor. 

Bahkan juga setara dengan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia memandang bahwa cadangan devisa tersebut masih bisa mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga makroekonomi dan sistem keuangan agar tetap stabil.

Turunnya cadangan devisa pada bulan Maret dinilai karena pengaruh pembayaran utang luar negeri milik pemerintah sesuai pola jatuh tempo pembayarannya. 

Bank Indonesia menilai cadangan devisa yang ada masih bisa memadai untuk beberapa waktu ke depan. Hal ini didukung dengan stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, bersamaan dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. ( Sumber Foto : Tirto.id / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads