Mobile Menu

navigasi

More News

Tokoh Buruh Muchtar Pakpahan Tutup Usia

8:52 PM

 


Peluang.co.id - Kabar duka datang dari tokoh buruh Indonesia yaitu Muchtar Pakpahan yang dikabarkan tutup usia pada Minggu, 21 Maret 2021 pukul 20.30 WIB di RS Siloam Sudirman akibat kanker yang dideritanya.

Dilansir dari Detik Finance, kabar ini dibenarkan oleh Wahyu Susilo, Direktur Eksekutif Migra Care lewat cuitan akun Twitter miliknya.

"Selamat jalan bang Muchtar Pakpahan. Keberanianmu mendirikan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia saat rejim Orde Baru hanya mengakui SPSI adalahteladan perlawanan," dikutip pada hari ini (22/3).

Muchtar Pakpahan dikenal sebagai salah satu tokoh buruh yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Muchtar lahir di Bah Jambi II, Simalungun, Sumatera Utara pada 21 Desember 1953 silam. 

Sebelumnya, Muchtar pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia. Ia mengawali karirnya sebagai pengacara di tahun 1978 dan menjadi advokat pada 1986. Ia juga pernah menjadi konsultan hukum untuk masyarakat kecil.

Muchtar mulai memperjuangkan nasib kaum buruh sejak era Orde Baru. Ia juga berhasil mendapat penghargaan hak asasi manusia internasional. Muchtar juga aktif menjadi pengacara di firma hukumnya, Muchtar Pakpahan Associates dan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia. ( Sumber : finance.detik.com / Sumber Foto : Kumparan / Penulis : Fitri )
  
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment