Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemendag Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Perjanjian IE-CEPA

Peluang.co.id -  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meminta pelaku usaha untuk memanfaatkan perjanjian Indonesia-The European Free Tr...


Peluang.co.idWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meminta pelaku usaha untuk memanfaatkan perjanjian Indonesia-The European Free Trade Association (EFTA) Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Indonesia dan negara anggota EFTA telah menyelesaikan proses ratifikasi perjanjian IE-CEPA dan akan segera diimplementasikan.


“Pemerintah saat ini sedang mengakselerasi penyelesaian peraturan pelaksana untuk mengimplementasikan Persetujuan IE-CEPA. Implementasi IE-CEPA diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia dari dampak pandemi,” jelasnya dilansir dari situs Kementerian Perdagangan, Jumat (17/9/2021).


Ia mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan dampak pada ekonomi global. Meski begitu perdagangan Indonesia tetap optimis dengan catatan surplus sebesar USD 4,74 miliar pada Agustus 2021.


“Kondisi ini harus disyukuri bersama dan diharapkan dapat tingkatkan. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar neraca perdagangan mencatatkan surplus,” imbuhnya.


Jerry menambahkan pencapaian sektor perdagangan Indonesia ini merupakan hasil kerja keras bersama Pemerintah Pusat dan Daerah.


“Penting bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha untuk mengetahui cara meningkatkan ekspor dengan menambah informasi mengenai pasar dan negara tujuan ekspor. Salah satunya melalui sosialisasihasil perundingan seperti IE-CEPA,” terangnya.


Jerry juga menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk bangga dengan produk Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk Indonesia. 


“Kebanggaan akan produk Indonesia harus dimulai dari diri sendiri. Dengan memakai produk Indonesia dapat membantu meningkatkan ekonomi bangsa,” pungkasnya.



( Gambar : Katadata / Penulis : Fitri )



Tags : anggota efta, tujuan efta, apa itu efta, sejarah efta


Reponsive Ads