Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ekonomi China Dibawah Tekanan Akibat Aktivitas Pabrik Tumbuh Lambat

Peluang.co.id  -  Ekonomi China tengah berada di bawah tekanan karena pertumbuhan aktivitas pabrik lambat dan sektor jasa mengalami kontrak...



Peluang.co.id - Ekonomi China tengah berada di bawah tekanan karena pertumbuhan aktivitas pabrik lambat dan sektor jasa mengalami kontraksi, dirugikan oleh pembatasan terkait virus corona dan harga bahan baku yang tinggi. 


China telah menunjukkan pemulihan yang mengesankan akibat virus corona. Namun pertumbuhan baru-baru ini menunjukkan tanda kehilangan tenaga karena wabah COVID-19 domestik, ekspor yang melambat, langkah yang lebih ketat untuk menjinakkan harga properti yang naik.


Dilansir dari Reuters pada Selasa (31/8/2021), Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur pada Agustus menurun menjadi 50,1 pada Agustus dibanding pada Juli sebesar 50,4.


"Survei terbaru menunjukkan bahwa ekonomi China mengalami kontraksi (pada Agustus) karena gangguan virus sangat membebani aktivitas layanan. Industri juga terus meningkat karena kemacetan rantai pasokan memburuk dan permintaan melunak," kata Julian Evans-Pritchard, ekonom senior China di Ekonomi Modal.


Dalam tanda yang mengkhawatirkan untuk pemulihan konsumsi China yang lambat, ukuran aktivitas sektor jasa pada Agustus tergelincir ke kontraksi tajam untuk pertama kalinya sejak puncak pandemi pada Februari tahun lalu.


PMI non-manufaktur pada bulan Agustus adalah 47,5, jauh turun dari 53,3 Juli. Ini berdasarkan data dari Biro Statistik Nasional (NBS).


"Epidemi di beberapa provinsi dan lokasi ini merupakan kejutan yang cukup besar bagi industri jasa, yang masih dalam pemulihan," kata Zhao Qinghe, dari NBS.


( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi china vs amerika, ekonomi china melesat, sejarah ekonomi china, ekonomi china saat ini


Reponsive Ads