Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

BI : Inflasi Terjaga Hingga September 2021

Peluang.co.id -  Bank Indonesia mencatat hingga pada minggu IV September 2021 perkembangan harga tetap terkendali. Deflasi diperkirakan han...



Peluang.co.idBank Indonesia mencatat hingga pada minggu IV September 2021 perkembangan harga tetap terkendali. Deflasi diperkirakan hanya 0,01% (mtm). Dengan demikian, perkiraan inflasi secara tahun kalender sebesar 0,83% (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,63% (yoy).


Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan pihaknya terus memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian nasional.


Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu,” tutur Erwin dilansir dari situs Kementerian Keuangan, Sabtu (25/9/21).


Adapun penyumbang utama deflasi September 2021 sampai dengan minggu keempat yaitu komoditas telur ayam ras sebesar -0,08% (mtm), bawang merah dan cabai rawit masing-masing sebesar -0,03% (mtm), cabai merah sebesar -0,02% (mtm), serta bawang putih sebesar -0,01% (mtm).


Disisi lain, sejumlah komoditas mengalami inflasi, antara lain daging ayam ras dan minyak goreng masing-masing sebesar 0,03% (mtm), sawi hijau dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm).


Pemulihan ekonomi nasional terindikasi semakin membaik seiring keberhasilan penanganan kasus COVID-19 yang terus berlanjut hingga kuartal III. Hal ini didukung oleh keberhasilan program vaksinasi, penerapan kebijakan pembatasan mobilitas, dan upaya penyembuhan pasien COVID-19. 


Berbagai tren perkembangan positif tersebut perlu terus dipertahankan dengan menjaga optimisme publik atas perbaikan kinerja kebijakan fiskal dalam APBN



( Gambar : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )



Tags : inflasi indonesia per tahun, inflasi indonesia, penyebab inflasi, dampak inflasi


Reponsive Ads