Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR : 64 Juta UMKM Belum Tersentuh Program PEN

1:30 AM


Peluang.co.idAnggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati soroti upaya Bank Indonesia dalam mendorong pembiayaan UMKM. Pasalnya, terdapat 64,2 juta UMKM yang belum tersentuh program Program Pemulihan Ekonomi (PEN).


“Kita juga mengetahui bahwa UMKM yang jumlahnya 64,2 juta unit di seluruh Indonesia, belum tersentuh maksimal termasuk di dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional,” jelasnya dilansir dari laman DPR RI, Rabu (30/6).


Ia menyebut sebanyak 70 persen pembiayaan UMKM masih berasal dari pembiayaan mandiri. Sedangkan yang berasal dari pembiayaan lain seperti perbankan baru 30 persen. 


“Jadi kalau pembiayaan untuk UMKM masih mengandalkan perbankan, belum bisa mengangkat kondisi UMKM kita,” ujarnya. 


Anis mengungkapkan banyaknya keluhan dari para pelaku UMKM di lapangan. Mereka mengatakan selama masa pandemi belum pernah mendapatkan bantuan pembiayaan, atau bahkan belum pernah mendengar informasi bantuan tersebut.


“Saya memberi apresiasi kepada Bank Indonesia yang memiliki binaan UMKM dan mengurusnya dengan baik. Memberikan pendampingan tidak hanya memberikan modal. Tetapi pembinaan yang dilakukan belum merata,” tandasnya. ( Foto : DPR RI / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment