Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pemerintah Klaim Harga Listrik Kendaraan Baterai di Indonesia Termurah

Peluang.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengklaim bahwa Indonesia memiliki tarif listrik kendaraan berb...


Peluang.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengklaim bahwa Indonesia memiliki tarif listrik kendaraan berbasis baterai termurah setelah China. Tarif Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mengacu pada tarif khusus yaitu Rp 1.644 - Rp 2.466 per kWh.

"Tarif di Indonesia ini lebih murah dari negara di dunia ini menggunakan tarif layanan khusus. Hanya China yang lebih rendah dari Indonesia," ujar Arifin dalam acara Pameran Virtual Grab #LangkahHijau, Kamis (22/4).

Menurut Arifin, penggunaan listrik dinilai lebih hemat dibandingkan dengan bahan bakar konvensional. Bahkan penghematan ini bisa melampaui 4 kali lipat.

Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM nomor 13 tahun 2020 tentang aturan ketenagalistrikan dan aturan mengenai stasiun pengisisan dan penukaran baterai umum.

Pada tahun 2025 mendatang, pemerintah menargetkan telah membangun 3.890 SPKLU di seluruh Indonesia. Sementara untuk SPBK atau charging station ditargetkan telah dibangun sebanyak 17 ribu. Dan untuk KBLBB ditargetkan sebanyak 39.627 unit. 

Pemerintah juga berupaya untuk terus mendorong percepatan penggunaan transportasi berbasis listrik dengan membuat aturan-aturan yang terkait.

"Berbagai regulasi tersebut bertujuan agar masyarakat beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai agar ekosistemnya semakin masif," pungkas Arifin. ( Sumber Foto : Kementerian ESDM / Penulis : Fitri )

Reponsive Ads